Menguak Bisnis Prahu-Hub, Aplikasi Logistik Khusus Kontainer

Dibuat Oleh : Auriga Agustina
Tanggal Posting : 09/09/2019

Jakarta, IDN Times - Menjamurnya bisnis online shop di Indonesia, juga menjadi peluang bagi bidang logistik atau jasa pengiriman barang. Salah satu perusahaan yang menangkap peluang ini adalah Prahu-Hub.

Direktur Utama Prahu-Hub, Benny Sukamto mengatakan, perusahaan aplikasi jasa pelayanan logistik khusus kontainer untuk perdagangan antar pulau ini, sejatinya sudah berdiri sejak tahun 2017. Tujuan hadirnya marketplace ini adalah untuk membantu masyarakat yang ingin mengirim kontainer dengan cepat dan aman.

"Kita mulai di laut 2017, jadi saat ini kita sudah jalan, konsep awalnya kita ini dari 2003 memang di bidang logistik pertama kontainer, kita sering mendapat pertanyaan dari pengiriman jasanya, bagaimana sih cara kirim dari Medan ke Banjarmasin dan sebagainya," katanya kepada IDN Times.

1. Konsumen bisa cek harga dan rute perjalanan

Menurut Benny, Prahu-Hub bersifat transparan. Hal tersebut sejalan dengan slogan Prahu Hub yang mudah aman dan murah. Pengirim bisa mengecek barang dan harga kapan saja, guna menghindari masalah, seperti adanya tambahan biaya.

"Transparan kenapa? Karena harga dan jadwal jelas-jelas tertulis di depan, jadi gak ada ceritanya setelah kita bayar maaf ya biayanya kurang, itu komitmen yang kita minta dari partner kita," ucapnya.

Selain itu, Benny memaparkan perusahaan rintisan miliknya ini, juga bersifat cepat dan nyaman. Lantaran, konsumen kapan saja bisa mengecek harga dengan waktu yang cepat. Ia menambahkan, jika rute perjalanan sudah tersedia, harga pun langsung bisa terlihat.

"Kalau memang rute itu belum ada memang ada waktu tunggu di kita, maksimal 1 kali 24 jam sudah ada jawaban dari partner untuk rute tertentu yang diminta," jelasnya.

2. Proses transaksi bisa dipantau

Yang lebih menarik, proses transaksi ini bisa dipantau secara real time. Bahkan pihak Prahu-Hub akan mendokumentasikan dokumen yang akan dikirim melalui logistik tersebut, nantinya pengirim barang dapat mengecek dokumentasi tersebut melalui sistem yang telah dikirimkan oleh pihak Prahu-Hub.

Benny menuturkan, pihaknya juga akan menginformasikan setiap pergerakan yang terjadi, mulai dari pemesanan hingga sampai ke tujuan. Pergerakan itu, dikirimkan melalui email dan juga aplikasi pesan WhatssApp.

"Di dalam sistem ada dokumen, yang berhubungan dengan itu (barang yang dikirim), dia bisa lihat kondisi kontainernya seperti apa sehingga pada saat sampai tempat tujuan, bisa dilihat nomor kontainernya jangan-jangan kontainer yang lain lagi," ucapnya.

3. Fokus pada pasar dalam negeri

Saat ini, layanan Prahu-Hub tersedia hampir di seluruh Provinsi Indonesia, hanya saja Prahu-Hub masih berfokus memperluas pasar di dalam negeri daripada ke luar negeri.

Salah satunya, karena Prahu-Hub juga ingin mendukung program tol laut yang dicanangkan oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Ia menyebutkan, tol program laut saat ini seluruhnya sudah full digital.

"Kita juga dipanggil Kementerian Perhubungan laut, untuk mencari cara agar program tol laut pak Jokowi bisa digital. Mereka minta kita presentasi, kalau tertarik oleh konsepnya mereka minta didigitalkan agar semua bisa dikontrol. Tol program laut Jokowi 2018 sudah full digital, tapi kita memang gak pakai brand Prahu-Hub di mereka, kita pakai Informasi Muatan dan Ruang Kapal," jelasnya.

Sebelumnya, program tol laut digagas Joko "Jokowi" Widodo, sejak tahun 2015. Program tersebut bertujuan untuk menurunkan harga pangan yang mahal di luar pulau Jawa.Prahu-Hub

 

Sumber : https://www.idntimes.com/business/economy/auriga-agustina-3/menguak-bisnis-prahu-hub-aplikasi-logistik-khusus-kontainer/full

Kontak dan Informasi

Untuk pertanyaan apa saja mengenai Prahu-Hub silahkan hubungi :

Email : cs@prahu-hub.com
Telp : 031 - 7482307
Telp & Whatsapp : (0811) 3457-863

All Rights Reserved. Versi 2.28-0509 LIVE - 24102019

Social Media