Transformasi Logistik Diharapkan Berikan Banyak Keuntungan

Dibuat Oleh : Ryan Puspa Bangsa
Tanggal Posting : 17/10/2019

Jakarta, Gatra.com - Data dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menunjukkan bahwa lima sektor industri prioritas masih menghadapi masalah logistik. Khususnya, efisiensi dan transparansi end-to-end rantai pasok.

"Untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintah telah menetapkan agenda perbaikan alur aliran material di dalam 10 agenda prioritas Making Indonesia 4.0. Selain itu, memetakan kebutuhan teknologi yang memungkinkan adanya traceability, transparansi, dan akuntabilitas end-to-end," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenperin, Achmad Sigit Dwiwahjono di Jakarta, Rabu (16/10).

Dalam era revolusi industri ke-4 ini, lanjut Sigit, sektor logistik juga mengalami transformasi dengan beberapa penerapan teknologi. Transformasi logistik 4.0 ini berpengaruh terhadap rantai pasok kelak.

"Transformasi logistik 4.0 sangat diperlukan mengingat adanya tren sosial dan bisnis meliputi: smart containerization (untuk peti kemas, palet, dan kemasan), flexible manufacturing, fair and responsible logistik, serta cold chain," katanya.

Logistik 4.0 diyakini akan mendorong perubahan metode dan cara pertukaran data. Selama ini, metode pertukaran data dilakukan dengan data bilateral yang kurang efisien. Di masa mendatang menjadi platform digital yang meningkatkan keamanan dan kemudahan akses pada informasi rantai pasok secara keseluruhan.

Selain itu, logistik 4.0 ini juga bisa meningkatkan kepastian atas keaslian dan imutabilitas dokumen digital. Bahkan, meningkatkan kolaborasi ekosistem dan kepercayaan alur kerja lintas organisasi. Terpenting, terjadi penurunan biaya administrasi yang jauh lebih murah. Sebab mengeliminasi biaya untuk memindahkan dokumen fisik lintas batas internasional.

Sigit berharap, dengan adanya transformasi ini, anggaran biaya logistik dapat ditekan. Pasalnya, saat ini biaya logistik Indonesia mencapai sekitar 24% dari Produk Domestik Bruto (PDB).

"Serta diharapkan bisa meningkatkan indeks kinerja logistik Indonesia yang saat ini masih berada di bawah negara-negara Asia lainnya seperti Vietnam, India, dan Cina," pungkas Sigit.

sumber : https://www.gatra.com/detail/news/451185/ekonomi/transformasi-logistik-diharapkan-berikan-banyak-keuntungan

Reporter: Ryan Puspa Bangsa
Editor: Flora L.Y. Barus

Kontak dan Informasi

Untuk pertanyaan apa saja mengenai Prahu-Hub silahkan hubungi :

Email : cs@prahu-hub.com
Telp : 031 - 7482307
Telp & Whatsapp : (0811) 3457-863

All Rights Reserved. Versi 2.28-0509 LIVE - 24102019

Social Media